Jumat, 12 Oktober 2012

Hydrocarbon, Gas Pengganti Freon yang Ramah Lingkungan



Sebagai bentuk kepedulian terhadap bumi yang kita tempati, sudah selayaknya kita harus ikut menjaga kelestariannya. Salah satunya adalah tidak ikut merusak lapisan ozon sebagai pelindung bumi kita dari bahaya radiasi sinar ultra violet. Salah satu cara adalah dengan mengganti gas freon pada AC yang kita gunakan dengan gas yang ramah lingkungan atau gas yang tidak merusak lapisan ozon (Hydrocarbon). Gas Freon/ CFC juga memiliki kelemahan yang dapat menyebabkan rusaknya lapisan ozon atau ODS (Ozone Depleting Substance). Maka dari itu masyarakat mulai mencoba untuk menghentikan pemakaian ODS, terutama pada mesin-mesin pendingin ruangan (AC). Akibat menipisnya lapisan ozon/ lapisan pelindung yang terletak diketinggian 15-50 Km di atas permukaan bumi ini, dapat menyebabkan radiasi ultraviolet yang memicu gangguan pada ekosistem maklhuk hidup dan kesehatan manusia.

Hidrokarbon merupakan refrigeran alternatif pengganti CFC yang sudah mulai dikenal sejak awal tahun 1920. Refrigeran hidrokarbon yang sering dipakai adalah propana (R-290), isobutana (R-600a) dan n-butana (R-600). Sedangkan campurannya adalah R-290/600a, R-290/600 dan R-290/R-R-600/R-600a.



Sebagai pengganti CFC, tentunya hidrokarbon memiliki beberapa kelebihan yang tidak dimiliki CFC seperti ramah lingkungan yang ditunjukkan dengan nilai Ozon Depleting Potential (ODP) nol, Global Warming Potential (GWP) yang dapat diabaikan, memiliki properti termofisika dan perpindahan kalor yang baik, rendahnya fasa uap dan mudah larut dengan pelumas mineral.
Hidrokarbon sebagai refrigeran ramah lingkungan, tidak akan merusak komponen dalam sistem refrigerasi seperti logam dan desikan, elastomer yang biasa digunakan kecuali elastomer berbahan dasar karet alam dimana CFC, HCFC dan HFC juga dapat merusaknya. Dan dapat digunakan dengan pelumas R-12, R-22 dan R-134a.Hidrokarbon yang merupakan refrigeran alternatif jangka panjang pengganti CFC/ HCFC memiliki keunggulan utama yaitu ramah lingkungan dan karakteristik termodinamika yang baik sehingga dapat meningkatkan kinerja dan meningkatkan efisiensi energi.

Ozon ( O3) terbentuk dari pemecahan molekul oksigen (O2) oleh sinar ultra violet mataharidan bergabung dengan oksigen dan atom atom oksigen lainnya membentuk ozon (O3). Posisi pada atmosfir bumi di lapisan stratosfer kira kira 15 – 20 Km diatas pernukaan bumi.Lapisanozon sangat membantu mencegah radiasi sinar ultra violet yang mengakibatkan penyakit, antara lain kanker kulit, kanker mata dll. Dewasa ini kerusakan ozon menjadi isue internasional, diseluruh belahan bumi kerusakan ozon dibahas oleh setiap negara, proses kerusakan ozon bermula dari bahan kimia CFCs(Chlorofluorocarbon) yang dapat melepaskan atom Chlorine dan Haloncarbon yang dapatmelepaskan atom Bromine, dimana kedua atom tersebut akan mengikat atom oksigen darimolekul ozon sehingga lapisan ozon menjadi rusak. Penggunaan Freon pada alat AC, lemari es, dan alat pendingin lain merupakan salah satu bentuk yang turut andil dalam pengrusakan ozon, karena alat ini menggunakan CFCs dalam proses kerjanya. Alat lain yaitu zat cair pemadam kebakaran (aerosol fire extinguiser) danaerosol spray lainnya menggunakan bahan kimia Halocarbon yang dampaknya sama menjadi penyebab kerusakan ozon.



Sumber :
http://www.scribd.com/doc/45654079/Dampak-Freon-AC-Terhadap-Ozon
http://www.servis-ac.com/?act=details&id=52
http://www.menlh.go.id/pengertian-lapisan-ozon-bahan-perusak-ozon-dampak-bagi-kesehatan/









11 komentar:

  1. permasalahan : bagaimana jika Hidrokarbon, gas pengganti freon ini tetap di produksi dan di pakai dalam kurun waktu yang lama ?
    permasalahan apa lagi yang akan timbul jika lapisan ozon kita semakin menipis ?
    lalu, menurut anda apakah tidak ada jalan keluar lain bagi bumi ini seperti membuat sejumlah senyawa yang bisa mereaksikan O2 + 1/2 O menjadi O3 kembali ?

    BalasHapus
  2. saya akan menjawab pertanyaan dampak dari lapisan ozon yang menipis

    proses penipisan lapisan ozon mengakibatkan radiasi sinar ultra violet, sinar matahari tidak tersaring, sehingga Dampak radiasi ultraviolet yang berlebih bagi kehi-dupan dimuka bumi seperti mengubah struktur genetika,menggangu pertumbuhan tanaman, merusak mata (katarak), kanker kulit, menurunkan kekebalan tubuh, menggangu iklim dan mempercepat kerusakan bahan alam maupun sintetik, mulai dari kayu, karet, sampai sejenis plastik.

    BalasHapus
  3. kalo hidrokarbonnya yg diganti gak bisa,
    2. tingkat polusi sudah pasti high level.
    3. untuk menggabungkannya menurut reaksi kimia tidak bisa, berdasarakan strukturnya,. kandungan kedua jenis molekul ini jauh berbeda, 1/2O merupakan hasil rx yg tidak sempurna, kemudian ikatan molekulnya juga berbeda

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya bicara sebagai yang percaya bahwa segala sesuatu yang habat itu memang tidak tercipta dalam sekejab, jadi sedangkal pengetahuan saya, bisa saja .. dan kalau mengenai dampak mungkin sudah dijelaskan sama yang lain saudar vivie

      Hapus
  4. Jika lapisan ozon semakin menipis, tentu saja akan memberikan dampak negatif bagi bumi dan penduduk bumi, contohnya es di kutub akan mencair karena di bumi terjadi pemanasan global sehingga banyak pulau yang tenggelam. Selain itu, Menipisnya lapisan ozon menyebabkan meningkatnya radiasi ultraviolet matahari terutama UV-B yang mampu mencapai permukaan bumi karena cahaya matahari yang dipancarkan ke bumi tidak lagi mengalami proses filtrasi, dampak yang di akibatkan seperti yang sudah disebutkan oleh saudara Khatarina Meladawati. Demikian..

    BalasHapus
  5. lapisan ozon merupakan penyaring atau peneduh raksasa, yang melindungi tanaman, hewan, termasuk manusia dari radiasi ultraviolet B (UV-B) berbahaya yang dipancarkan matahari ke permukaan bumi. jika lapisan ozon menipis maka akan terjadi radiasi ultraviolet UV-B yang menyebabkan respon kekebalan tubuh manusia akan berkurang sehingga timbul penyakit kulit, campak, chicken pox, herpes, malaria, leishamaniasis, TBC, kusta, dan infeksi jamur, seperti candidiasis. Selain itu, radiasi UV-B juga menimbulkan kerusakan lingkungan, mulai dari putusnya rantai makanan pada ekosistem akuatik di laut sampai menurunnya produktivitas tanaman, selain kerusakan material pada bangunan dan benda-benda lainnya yang terbakar sinar matahari.
    semoga membantu.

    BalasHapus
  6. 1. Hidrokarbon adalah solusi baru yang ramah lingkungan pengganti freon untuk mengurangi menipisnya lapisan ozon. Jadi menurut saya, produksi/pemakaian hidrokarbon dalam waktu lama tidak berbahaya. Paling tidak, sampai saat ini tidak ditemukan akibatnya.

    2. Lapisan ozon sangat membantu mencegah radiasi sinar ultra violet yang mengakibatkan penyakit, antara lain kanker kulit, kanker mata dll
    yah, jika lapisan ozon menipis, kita akan terserang penyakit2 tersebut.

    BalasHapus
  7. bisa apa tidak feon r290 di ganti r600

    BalasHapus
  8. bisa apa tidak feon r290 di ganti r600

    BalasHapus
  9. Sepertinya admin gak bisa jawab lisa mey

    BalasHapus